Benarkah Sriwijaya Air SJ182 Korban Dari Kebijakan Tiket Pesawat Murah ?

- 11 Januari 2021, 08:37 WIB
Dokumentasi Pesawat Sriwijaya Air. Pesawat jenis 737-500 ini ternyata memiliki catatan dengan banyaknya kecelakaan di seluruh dunia.* /Antara/Rezky Purwono/.*/Antara/Rezky Purwono

SUARA HALMAHERA - Tjoek Suwarsono Pengamat Transportasi, meminta kepada Pemerintah untuk segera mengevaluasi kebijakan harga tiket pesawat murah.

Dugaannya bahwa salah satu penyebab insiden ini karena kebijakan tiket pesawat murah.

"Saya kira dibalik masalah ini adalah bagaimana kita evaluasi kembali kebijakan tiket pesawat murah bagi maskapai penerbangan LCC," kata Tjoek kepada RRI, Minggu 10 Januari 2021. Dikutip SUARA HALMAHERA dari m.rri.co.id, Senin 11 Januari 2020.

Baca Juga: Kodisi Cuaca Saat Sriwijaya SJ 182 Terbang ke Pontianak

Menurutnya, bahwa harga tiket pesawat yang murah telah membuat banyak orang khawatir, terutama pada pengurangan fasilitas penerbangan dalam pesawat.

"Karena tiketnya murah maka tidak ada lagi makanan, minuman, ruang tunggu yang baik dan penghantaran bus, tidak pakai Garbarata juga tidak, jadi penumpang jalan kaki semua ongkos-ongkos itu dipangkas," ucapnya.

Baca Juga: Pilot Sriwijaya Air Berangkat Dengan Baju Tak Disetrika dan Juga Meminta Maaf Kepada Sang Istri

Tjoek mengatakan, bahwa dengan adanya kebijakan tiket murah tentunya akan memangkas faktor-faktor keamanan contohnya yang paling muda adalah pemeriksaan pesawat.

"Mungkin ada yang dikurangi, bisa jadi konsumen tidak tahu yang seperti ini. Jadi yang tau adalah maskapai penerbangan itu sendiri dan seharusnya Kementerian Perhubungan harus mengawasi, saya kira sudah diawasi tapi masi ada hal-hal yang lolos dari pengawasan," kata Tjoek.

Halaman:

Editor: Firmansyah Usman

Sumber: RRI


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X