Halmahera Tahun 2025, Menjadi Masa Depan Indonesia

- 13 Januari 2021, 00:07 WIB
PENGOLAHAN biji nikel di smelter PT. Vale Indonesia di Sorowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Sabtu 30 Maret 2019. /Dok. Pikiran Rakyat

SUARA HALMAHERA - Halmahera, salah satu pulau terbesar di Maluku yang menjadi bagian dari Provinsi Maluku Utara akan menjadi aset paling penting dan berharga bagi masa depan Indonesia untuk bisa bersaing dengan negara-negara luar.

Persaingan dalam bidang sains dan teknologi itu, berkaitan erat dengan sumber-sumber kekayaan alam yang harus dikelola.

Halmahera dengan hasil kekayaan alamnya yang berupa nikel menjadi incaran investasi besar perusahaan-perusahaan asing, seperti Perusahaan Harita di Pulau Obi Halmahera Selatan dan PT IWIP Halmahera Tengah">Halmahera Tengah.

Baca Juga: Warga Patani Barat Resah, Pemadaman Listrik Sehari Lebih dari Sekali, Ini Penyebabnya ?

Kedua perusahaan asing Cina itu mengelola nikel Halmahera sebagai bahan baku baterai lithinum yang merupakan salah satu komponen penting dalam produksi mobil listrik masa depan.

Mobil listrik yang nanti di rancang Indonesia merupakan kendaraan yang hemat energi dan ramah lingkungan dengan komponen baterai lithinum berbahan baku nikel dari Halmahera.

Untuk mendukung hal ini tentunya memliki hubungan dengan bahan baku nikel untuk produksi baterei lithium, karena mobil listrik membutuhkan komponen tersebut.

Baca Juga: Tolak RDTR Halmahera Tengah, Siaran Pers dari Masyarakaat Desa Sagea dan Desa Kiya

"Problem produksi mobil listrik ada di baterai, sebagai salah satu komponen penting yang mengambil peran antara 30 sampai 35 persen dari total biaya pembuatan. Sehingga produksi komponen ini juga perlu dipacu, seperti di Morowali sebagai sentra produksi pelat nikel dan di Halmahera yang memproduksi lithium, keduanya merupakan bahan baku pembuatan baterai" ungkap Menristek Dikti Muhammad Nasir. Dikutip SUARA HALMAHERA dari m.rri.co.id, Rabu 13 Januari 2021.

Halaman:

Editor: Firmansyah Usman

Sumber: RRI


Tags

Komentar

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X